Bagaimana Cara Belajar Rasi Bintang?

Pertanyaan dari: Stela Salsabilla
Bagaimana cara agar bisa membaca rasi bintang/konstelasi bintang? Karena di daerah saya bintang yang muncul sangat jarang dan kadang random gitu.
Cara termudah untuk bisa tahu ada rasi bintang apa setiap malamnya adalah: sering-seringlah mengamati langit.

Sebagai orang awam yang jarang melihat langit, mudah saja memang kita berpikir kalau bintang-bintang yang muncul di langit hanya random saja, karena kita tidak tahu mereka termasuk dalam rasi bintang apa. Padahal, sebuah rasi bintang bisa muncul pada posisi yang sama di langit dalam waktu berbulan-bulan, lho!

Ingat ini: Bumi berotasi. Rotasi Bumi membuat sebuah rasi bintang tidak diam saja di satu arah langit. Mereka juga bergerak semu, mengalami terbit dan terbenam layaknya Matahari. Karena pada dasarnya, bintang-bintang di langit malam adalah matahari-matahari yang berjarak lebih jauh.

Jadi, pertanyaan "Min, rasi bintang Gemini bisa kita lihat di arah mana?" sebenarnya adalah pertanyaan keliru. Rasi bintang Gemini terlihat di arah timur, tetapi hanya saat ia terbit. Gemini bisa pindah ke barat ketika ia mau terbenam. Begitupun rasi bintang lainnya.

Perlukah Menghafal Rasi Bintang?
Jawabannya: tidak perlu.

Cara terburuk dalam belajar adalah menghafal. Mari diganti dengan "memahami". Pahami bagaimana bentuk rasi bintang, cari tahu kapan sebuah rasi bintang bisa diamati, dan lain sebagainya. Cara belajar seperti itulah yang seharusnya dilakukan.

Di sini saya akan berbagi pengalaman saja tentang bagaimana saya belajar rasi bintang. Dalam rangka pemanfaatan penuh teknologi, saya menggunakan aplikasi peta bintang yang bisa diunduh gratis di toko aplikasi. Setelah aplikasi terpasang di gawai, kemudian saya keluar dan mulai mengamati langit untuk mencari dua atau tiga bintang paling terang yang bisa saya lihat, lalu mencocokannya dengan apa yang ditampilkan di aplikasi peta bintang.

Saya masih ingat, bintang Betelgeuse dan Rigel adalah dua bintang yang pertama kali saya temukan. Saya yang masih awam saat itu (sekarang juga, sih) langsung bisa tahu kalau kedua bintang ini termasuk dalam rasi bintang Orion.

Orion adalah rasi bintang yang paling terkenal di langit. Ia juga sangat mudah ditemukan. Dengan menemukan Orion, rupanya kita juga bisa melakukan apa yang disebut sebagai "starhopping", yakni menemukan rasi bintang lain di sekitar Orion yang berada di dekat bintang-bintang terangnya.

Perhatikan gambar rasi bintang orion di bawah ini:
Berkat rasi bintang Orion, kita bisa menemukan adanya rasi bintang Gemini, dengan bintang paling terangnya bernama Pollux yang berada di dekat bintang Betelgeuse. Ada pula rasi bintang Taurus, dengan bintang paling terangnya Aldebaran yang berada di dekat bintang Bellatrix. Tak ketinggalan, ada juga Sirius, bintang paling terang di rasi bintang Kanis Mayor yang berada segaris lurus dengan tiga bintang sejajar di rasi bintang Orion.

Nah, kalau saya menggunakan Orion dalam belajar rasi bintang, kamu bisa menggunakan cara yang sama dengan menggunakan rasi bintang lainnya. Temukan satu rasi bintang, cocokan dengan aplikasi peta bintang, lalu cari tahu ada rasi bintang apa saja di sekitarnya. Cara ini bisa membuatmu dengan mudah mengetahui bentuk-bentuk rasi bintang beserta lokasinya di langit.

Cara lainnya adalah, cukup cari tahu bintang-bintang paling terang di setiap rasi bintang. Katakanlah kita mau mencari rasi bintang Skorpius, maka bintang paling terangnya adalah Antares. Kamu bisa cari tahu di mana lokasi Antares dengan aplikasi peta bintang. Dengan menemukan Antares, kamu sudah menemukan rasi bintang Skorpius.

Sederhana, bukan? Astronomi tak melulu soal teori, tapi juga praktik, yang dalam hal ini adalah mengamati langit. Bagaimana bisa belajar rasi bintang kalau mengamati langit malam saja jarang?

Semoga jawaban kami membantu!
BERIKAN KOMENTAR ()