Feb 9, 2019

Mengapa Venus Jadi Planet Terpanas di Tata Surya?

Pertanyaan dari: Maya Astari
Dibanding dengan Merkurius, Venus planet yang lebih jauh dari Matahari. Tapi kenapa Venus bisa jadi lebih panas? Dan bahkan paling panas di tata surya?


Halo, Maya. Memang benar kalau Merkurius lebih dekat ke Matahari dibandingkan dengan Venus. Tapi, hal itu rupanya belum menjamin suhu Merkurius bisa lebih panas, lho!

Venus adalah planet terpanas di tata surya kita karena ia dilingkupi oleh lapisan atmosfer yang begitu tebal yang terdiri dari karbon dioksida dan beberapa gas rumah kaca lainnya.

Nah, karena atmosfernya yang tebal terutama terdiri dari karbon dioksida, panas dari Matahari akan kesulitan untuk keluar dari permukaan Venus. Sinar Matahari yang melewati lapisan tebal awan karbon dioksida Venus akan memanaskan bebatuan di permukaan Venus, tanpa bisa memantul kembali ke ruang angkasa. Suhu pun meningkat.

Sebaliknya, Merkurius, planet yang paling dekat dengan Matahari, bukanlah yang terpanas karena tidak memiliki atmosfer yang cukup tebal untuk bisa memerangkap panas Matahari. Jadi, meskipun benar bahwa Merkurius memang panas, tapi berkat tidak adanya atmosfer, panas yang diterimanya bisa lolos kembali ke ruang angkasa, menjadikannya sebagai planet terpanas kedua di tata surya.

Karena tebalnya atmosfer Venus, suhu siang hari dan malam hari di sana bisa setinggi 470 derajat Celsius! Suhu yang sudah cukup tinggi untuk dengan mudah melelehkan timbal di permukaan planet.

Semoga jawaban kami bermanfaat!

No comments:

Post a Comment