Aug 17, 2018

Mengapa Alam Semesta Mengembang?

Pertanyaan dari: Farhan Rafiqi
Kenapa alam semesta ini mengembang? Faktanya galaksi Bima Sakti dan Andromeda akan bertabrakan. Apakah yang dinamakan dark energy itu tidak  ada? Mohon penjelasannya.


Edwin Hubble, astronom yang terkenal karena namanya diberikan ke sebuah teleskop antariksa, merupakan orang pertama yang memberikan bukti definitif bahwa alam semesta sedang mengembang.

Hubble kala itu pernah mengamati galaksi yang jauh. Saat sedang takjub-takjubnya melihat galaksi, Hubble menyadari bahwa galaksi-galaksi tersebut saling menjauhi. Rasa takjub itu berubah jadi penasaran. Dengan kejeniusannya, Hubble menghasilkan perhitungan yang menunjukkan seberapa cepat galaksi-galaksi ini saling bergerak menjauh satu sama lain dan menjauhi kita.

Atau lebih tepatnya, Hubble mampu menunjukkan seberapa cepat semua galaksi bergerak menjauh dari satu sama lain.

Hingga sekitar 15 tahun yang lalu, satu-satunya jawaban mengapa alam semesta mengembang adalah... momentum. Momentum ini terbentuk ketika alam semesta pertama kali mengalami pengembangan setelah Big Bang.

Sekarang bayangkan masa-masa awal dari alam semesta, BOOM, Big Bang terjadi. Alam semesta yang tadinya padat, lalu mengembang, melakukan ekspansi. Bintang-bintang pertama terbentuk, lalu mengelompok menjadi galaksi, dan galaksi-galaksi pun membentuk gugus galaksi, dst dst~

Lalu, bagaimana dengan galaksi Bimasakti dan Andromeda yang katanya akan bergabung? Bukankah alam semesta mengembang jadi seharusnya kedua galaksi ini saling menjauhi?

Yang terjadi sebenarnya adalah adanya pertempuran antara kekuatan gravitasi antara dua galaksi (yang saling tarik-menarik satu sama lain) dan mengembangnya alam semesta (yang berusaha untuk memisahkan dua galaksi tersebut).

Bila dua atau lebih galaksi terletak terlalu dekat satu sama lain (tentu dalam skala kosmis), kekuatan gravitasi antara galaksi-galaksi ini bisa membuat mereka saling tarik-menarik. Dan saat itu terjadi, kekuatan gravitasi antara galaksi-galaksi lah yang menang, sehingga pada akhirnya galaksi-galaksi tadi akan bertabrakan dan bergabung menjadi satu.

Sampai di sini, kita tahu bahwa alam semesta sedang mengembang karena momentum, dan galaksi-galaksi yang terlalu dekat bisa bertabrakan di alam semesta mengembang. Mau yang lebih menarik lagi?

Nih: Mengembangnya alam semesta mengalami akselerasi.

Pada tahun 1999, para astronom menemukan sesuatu yang benar-benar tidak terduga: energi gelap. Ketika para astronom melakukan pengamatan untuk mencari tahu apakah mengembangnya alam semesta akan berhenti, para astronom justru menemukan bahwa alam semesta mengembang semakin cepat. Seperti peluru yang dilengkapi buster untuk mempercepat lajunya.

Yang membuat mengembangnya alam semesta semakin cepat ini adalah energi gelap, suatu komponen yang mengisi ruang-ruang di alam semesta yang memilki tekanan negatif yang kuat yang bekerja berlawanan dengan gravitasi.

Sekarang, diketahui bahwa alam semesta tidak hanya akan mengembang selamanya, tetapi pengembangannya akan terus berakselerasi lebih cepat dan lebih cepat seiring waktu.

Jadi, intinya, apa yang menyebabkan alam semesta mengembang? Saat ini, hal itu sebagian besar disebabkan oleh momentum yang tersisa dari Big Bang, dan kekuatan energi gelap akan mempercepat pengembangan alam semesta ini. Selama-lamanya.

Semoga jawaban kami bermanfaat!

No comments:

Post a Comment