Aug 10, 2018

Mengapa Sebuah Rasi Bintang Tidak Muncul di Waktu Tertentu?

Pertanyaan dari: Al Amin
Saya lokasi di Jogja. Dulu setiap selepas subuh hampir selalu bisa lihat rasi bintang Orion di langit sebelah atas kepala persis. Tapi sejak beberapa bulan terakhir tidak terlihat lagi rasi bintangnya. Kenapa? Musiman kah?


Perlu diketahui lebih dulu, rasi bintang (atau bintang-bintang) juga mengalami terbit dan terbenam, layaknya Matahari ataupun Bulan. Ini terjadi karena gerak rotasi Bumi, atau perputaran planet kita para porosnya.

Namun, Bumi tidak hanya berotasi, tetapi juga mengalami gerak revolusi, atau mengelilingi Matahari. Karena adanya gerakan Bumi yang mengelilingi Matahari ini, setiap malamnya kamu akan melihat posisi bintang yang berubah-ubah.

Pergerakan Bumi tersebut membuat bintang-bintang akan terbit empat menit lebih awal dari hari sebelumnya. Ini artinya, jika rasi bintang Orion hari ini terbit pada waktu yang hampir bersamaan dengan Matahari terbit, maka keesokan harinya akan muncul empat menit lebih awal.

Hal itupun terus berlanjut sepanjang tahun. Membuat posisi rasi bintang Orion (dan tentu rasi-rasi lainnya) tidak metenap di satu posisi langit saja setiap malamnya. Mereka mengalami perubahan posisi karena gerak rotasi dan revolusi Bumi.

Karena posisi yang berubah-ubah inilah sebuah rasi bintang muncul secara "musiman". Ada kalanya sebuah rasi bintang bisa teramati sepanjang malam, tapi ada kalanya juga ia "tidak terlihat" karena muncul di langit siang hari.

Sebagai contoh, jika sebuah rasi bintang berada dalam titik konjungsi dengan Matahari, maka rasi bintang tersebut akan berada di sisi siang hari planet Bumi kita, membuat cahaya dari bintang-bintang itu kalah terang dari silau Matahari.

Semoga jawaban kami bermanfaat!

No comments:

Post a Comment