Apakah Galaksi Mengorbit Sesuatu?

Pertanyaan dari: Dimas Prad
Jika satelit mengorbit planet, planet mengorbit bintang, bintang mengorbit galaksi, sedangkan galaksi mengorbit apa?

Sebelum menjawabnya, mari kita sama-sama pahami dulu apa yang dimaksud sebagai "orbit". Orbit atau mengorbit adalah sebuah istilah untuk menjelaskan pergerakan objek langit terhadap sebuah titik di ruang angkasa pada jalur tertentu. Umumnya, titik ini adalah objek lain, seperti planet mengorbit bintnag. Atau, dalam sistem biner, titik pusatnya disebut barisenter.

Barisenter sendiri merupakan titik pusat massa sistem. Biasanya, barisenter berada di dekat sumber massa terbesar. Bumi sebenarnya tidak benar-benar mengorbit Matahari, tetapi Bumi dan Matahari bersama-sama mengelilingi barisenter. Karena massa Matahari lebih besar, maka barisenter antara Bumi dan Matahari cenderung berada di dekat Matahari, sehingga seolah Bumi yang mengelilingi Matahari.

Lalu, bagaimana dengan galaksi?

Kita tahu, alam semesta tidak memiliki titik pusat, lalu apa yang diorbiti oleh sebuah galaksi? Apakah mereka mengorbit satu sama lain? Dalam beberapa kasus, hal itu benar. Sebagai contoh, galaksi kita Bimasakti diorbiti oleh beberapa galaksi kerdil yang lebih kecil, seperti Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil.

Sementara itu, galaksi tetangga kita, Andromeda, juga memiliki galaksi-galaksi satelit yang mengorbitinya ini. Tapi apakah Bimasakti dan Andromeda mengorbit apa sesuatu? Jawabannya: tidak.

Bimasakti dan Andromeda adalah bagian dari Grup Lokal, sebuah gugus galaksi di mana kita tinggal. Mereka terikat secara gravitasi satu sama lain. Memang ada pusat massa di Grup Lokal, sama seperti yang ada dalam sistem bintang. Namun di Grup Lokal, Bimasakti dan Andromeda sebenarnya saling mendekati, bukan saling mengitari. Dalam beberapa miliar tahun ke depan, Bimasakti dan Andromeda akan mengalami merger.

Pada skala yang lebih besar, Grup Lokal adalah bagian dari supergugus galaksi Virgo. Supergugus ini berisi banyak gugus galaksi selain Grup Lokal. Dan ya, supergugus Virgo juga memiliki pusat massa. Tetapi. semua gugus galaksi anggota supergugus galaksi Virgo tidak "mengorbit" pusat massa ini. Mereka hanya terikat bersama, berkat gravitasi.

Bahkan, pada skala yang lebih besar lagi, alam semesta dianggap bersifat homogen, yakni pada dasarnya sama di semua arah. Tidak ada satu titik pun di ruang angkasa yang merupakan pusat. Bumi bahkan bukan tempat yang spesial di alam semesta.

Ditambah lagi, alam semesta kita diketahui mengalami ekspansi atau mengembang. Dalam hal ini, tidak hanya gugus galaksi dan supergugus yang tidak saling mengorbit satu sama lain, tetapi justru ruang di antara mereka menyebabkan mereka bergerak saling menjauh.