Seberapa Jauh Jarak Bumi ke Bulan?

Pertanyaan dari: Farid Hidayat
Min, jarak bumi ke bulan itu sejauh mana kalo dianalogikan sebagai buah?
Jarang-jarang TanyaAstro mendapatkan pertanyaan yang menarik seperti ini. Gimana jadinya kalau jarak Bumi-Bulan dianalogikan sebagai buah-buahan?

Alam semesta begitu besar sehingga kadang sulit memang bagi kita untuk membayangkan jarak relatif antara benda-benda langit. Matahari, Bulan, planet-planet, bintang-bintang, dan galaksi, semuanya tampak seperti benda yang jauh di langit. Sangat mudah untuk menganggap mereka semua sangat jauh, tanpa terlalu memikirkan perbedaan besar dalam jarak mereka dari Bumi.

Nah, untuk memahami keragaman jarak mereka yang sebenarnya di alam semesta, kita bisa memperkecil skalanya, lalu membandingkannya dengan objek dan jarak yang familiar dengan yang biasa kita hitung atau setidaknya mudah kita bayangkan.

Di sini, mari kita bayangkan bahwa Bumi, yang diameternya sekitar 12.726 km, diperkecil menjadi seukuran anggur yang hanya berdiameter sekitar 4 cm.

Oke, mari sekarang kita cari tau jaraknya.

Menurut Boston Astronomical Society, jika Bumi dianggap hanya sebesar buah anggur berdiameter 4cm, dengan jarak Bumi-Bulan yang sebenarnya adalah mencapai sekitar 384.400 km, maka jika skalanya diperkecil maka jarak Bumi-Bulan rupanya mencapai 40 cm, dengan Bulan yang hanya sebesar kacang polong. Dalam jarak tersebut, kita bisa memuat sekitar 32 butir anggur, atau Bumi dalam skala sesungguhnya.

Kita memang kecil di alam semesta ini.