Aug 2, 2018

Objek Apa yang Ada di Pusat Galaksi Bimasakti?

Pertanyaan dari: Gina Sulistiya A.
Kak, galaksi-galaksi kan bagian pusatnya terang ya, kira-kira di sana ada objek apa yang membuat area tersebut jadi sangat terang?


Kita pasti pernah melihat foto galaksi yang berhasil dipotret teleskop luar angkasa Hubble, galaksi-galaksi tersebut memiliki objek terang di tengahnya. Apa ya sebenarnya itu?

Pusat galaksi adalah titik rotasi dari tiap-tiap galaksi, termasuk galaksi Bimasakti. Untuk galaksi kita, letak pusat galaksi adalah sekitar 25.000 tahun cahaya dari Bumi di arah rasi Sagitarius, Ofiukus, dan Skorpius di mana galaksi Bimasakti terlihat lebih cemerlang. Pada pusat ini, ditemukan adanya lubang hitam supermasif.

Objek terang pada pusat galaksi merupakan Quasar atau Quasi Stellar Radio Source, merupakan inti galaksi aktif yang berada jauh dan merupakan obyek yang sangat terang, sangat energetik, dan sangat kuat.

Kalau dilihat di teleskop, quasar akan tampak seperti sebuah titik yang mirip dengan bintang. Tapi ternyata titik itu bukan sebuah bintang melainkan sebuah pusat galaksi yang sangat terang yang berada jauh dari kita.

Karena debu antar bintang yang menutupi jarak pandang, pusat galaksi tidak bisa dipelajari lewat spektrum warna, sinar ultraviolet, maupun sinar X. Informasi yang bisa didapat tentang pusat galaksi hanya melalui observasi pada sinar gamma, Sinar-X keras (hard X-ray), inframerah, sub-milimeter dan gelombang radio.

Bagian terang area pusat galaksi juga disebabkan oleh populasi bintang-bintang tua kekuningan yang begitu banyak. Saking banyaknya, pusat galaksi terlihat begitu padat sehingga tampak sangat terang dari Bumi.

Semoga jawaban kami bermanfaat!

No comments:

Post a Comment