Apr 2, 2019

Bagaimana Cara Astronot Pulang ke Bumi?

Pertanyaan dari: Farrah Amanda
Di stasiun luar angkasa kan ada astronotnya min. Nah, gimana cara mereka pulang ke bumi? Apa naik roket dari luar angkasa?
Jawaban singkatnya: terjun.


Ya, untuk bisa pulang ke Bumi dari stasiun luar angkasa, para astronot hanya terjun saja dari orbit rendah Bumi. Namun tentunya, terjun dengan cara yang aman.

Saat ini, para astronot kembali ke Bumi dengan menggunakan kapsul antariksa Soyuz buatan Rusia. Kapsul antariksa Soyuz dilengkapi dengan pelindung panas ablatif yang dapat mencegah panas untuk bisa masuk menembus kabin kru berisi astronot yang sedang pulang ke Bumi.

Tunggu, memang dari mana asal panasnya?

Ketika kapsul antariksa tersebut diterjunkan dari ISS, ia akan tertarik gravitasi Bumi, lalu melalui atmosfer. Pergerakan kapsul Soyuz dari ruang vakum ke atmosfer menyebabkan ia menabrak molekul-molekul udara, menciptakan gelombang kejut di depan moncongnya.

Kapsul antariksa tersebut pun memanas.

Di situlah pelindung panas ablatif berperan. Pelindung tersebut menjadi seperti perisai panas yang juga dapat menyerap panas. Pelindung ablatif tersebut dapat melakukan apa yang disebut sebagai pirolisis.

Ketika kapsul antariksa yang terjun bebas itu mencapai ketinggian beberapa kilometer dari permukaan Bumi, parasut akan terbuka, memperlambat gerak jatuh Soyuz agar pendaratan bisa lebih lembut.

Nah, ingin tahu seperti apa proses itu? Kamu bisa nonton videonya di bawah ini:

No comments:

Post a Comment