Adakah Planet Mirip Bumi di Galaksi Lain?

Pertanyaan dari: Purba
Apakah ada planet yang menyerupai bumi di galaksi lain?

Sebuah galaksi merupakan objek yang sangat besar. Ia terdiri setidaknya atas 100 juta bintang. Galaksi kita, Bimasakti, diperkirakan memiliki sedikitnya 100-400 miliar bintang, salah satunya adalah Matahari kita.

Matahari dikelilingi oleh delapan planet utama, dimulai dari Merkurius hingga Neptunus, serta benda-benda kecil lainnya yang dikenal sebagai planet kerdil, asteroid, dan komet.

Planet kita, Bumi, termasuk salah satu planet yang mengitari bintang Matahari ini. Kita cukup beruntung hidup di Bumi yang berada di jarak yang sangat pas dari Matahari, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ideal.

Pertanyaannya sekarang, adakah planet mirip Bumi di galaksi lain?

Jawaban singkatnya, kemungkinan ada. Tapi belum ditemukan buktinya.

Hemm, mengapa belum ada buktinya? Sebab selama ini, para astronom baru mampu meneliti planet-planet asing di galaksi Bimasakti. Untuk di galaksi lain yang jaraknya sangat jauh, teknologi manusia belum mampu melakukannya.

Galaksi besar terdekat dari Bimasakti adalah galaksi Andromeda, jaraknya 2,5 juta tahun cahaya. Pada jarak itu, Andromeda hanya terlihat seperti secuil pita kabut putih di langit Bumi. Dan tahukah kamu? Seluruh bintang yang kita amati di langit adalah milik Bimasakti.

Jika galaksi terdekat saja hanya muncul bagaikan kabut putih, bagaimana kita bisa melihat planet-planet di sana? Maka dari itu, para astronom lebih fokus mencari planet-planet mirip Bumi di galaksi sendiri.

Setidaknya, sejauh ini sudah ada 2.000 planet asing yang ditemukan tersebar di seantero Bimasakti. Masing-masing dari mereka mengitari bintang yang berbeda-beda. Kebanyakan dari planet-planet ini ditemukan dengan Teleskop Antariksa Kepler milik Lembaga Antariksa AS (NASA).

Dari jumlah planet yang banyak itu, kini diketahui ada lima kandidat planet asing yang mirip Bumi. Apa saja kira-kira? Berikut daftarnya:

Gliese 667Cc

Planet asing yang satu ini terletak pada jarak hanya 22 tahun cahaya dari Bumi. Ia diketahui setidaknya 4,5 kali lebih besar dari Bumi dan belum diketahui dengan jelas apakah ia termasuk dalam planet berbatu atau tidak.

Melalui serangkaian pengamatan, diketahui juga Gliese 667Cc melakukan sekali revolusi (perputaran mengelilingi bintang induknya) tiap 28 hari. Bintang induknya sendiri merupakan jenis bintang kerdil merah yang jauh lebih sejuk daripada Matahari, sehingga planet asing ini diperkirakan berada di zona laik huni.

Kepler-22b

Kepler-22b terletak pada jarak 600 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Ini adalah planet temuan Kepler pertama yang ditemukan di zona laik huni dari bintang induknya. Menurut para astronom, planet ini berukuran jauh lebih besar daripada Bumi, yakni sekitar 2,4 kali diameter planet kita. Dalam mengelilingi bintang induknya, planet Kepler-22b butuh waktu sekitar 290 hari.

Kepler-62f

Planet ini diketahui memiliki ukuran sekitar 40 persen lebih besar dari Bumi dan mengorbit bintang yang jauh lebih dingin daripada Matahari kita. Kala revolusinya yang hanya membutuhkan waktu 267 hari juga menempatkan Kepler-62f tepat di dalam zona laik huni. Sayangnya, jaraknya dari Bumi sangat jauh, yakni 1.200 tahun cahaya.

Kepler-186f

Planet ini berukuran 10 persen lebih besar dari Bumi dan tampaknya juga berada di zona laik huni dari bintangnya, meskipun di tepi luar zona itu. Pengamatan melalui spektrum mengungkapkan bahwa Kepler-186f hanya menerima sepertiga energi dari bintangnya daripada yang didapat Bumi dari Matahari.

Bintang induk Kepler-186f adalah sebuah bintang kerdil merah, sehingga planet asing yang satu ini tidak benar-benar mirip Bumi. Planet ini terletak sekitar 500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Kepler-452b

Inilah planet asing yang paling mirip Bumi yang penah ditemukan sejauh ini. Bintang induknya sangat mirip dengan Matahari kita dan planet ini juga mengorbit di zona laik huni. Dengan ukuran 1,6 kali ukuran Bumi, Kepler-452b kemungkinan besar merupakan plaet berbatu. Berjarak 1.400 tahun cahaya dari Bumi, planet ini belum bisa dikunjungi dengan teknologi manusia saat ini.

Nah, itulah planet-planet mirip Bumi yang sejauh ini telah ditemukan di galaksi kita. Bila di galaksi kita saja ada banyak, kemungkinan di galaksi lain juga demikian.