Mar 21, 2019

Mengapa Bintang Tampak Diam Padahal Bumi Berotasi?

Pertanyaan dari: Fenita Suryani
Aku pernah baca kalau rotasi Bumi itu sangat cepat ya min. Sampe 1.600 kilometer per jam di khatulistiwa. Tapi pas kita melihat bintang di langit malam, kenapa bintang-bintang diam aja?
Amati bintang-bintang di langit malam selama satu jam secara terus menerus, dan kamu baru bisa melihat jelas bahwa mereka tidak diam.

Analoginya sederhana. Cobalah berdiri di pinggir jalan raya dan amati mobil-mobil melewatimu dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Kemudian, lihatlah sebuah pesawat terbang yang ada di ketinggian 33.000 kaki yang juga sedang melewatimu dengan kecepatan 800 kilometer per jam.

Kamu akan menyadari bahwa pesawat terbang akan bergerak jauh lebih lambat daripada mobil. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Jawabannya juga sederhana: semakin jauh jarak sesuatu yang bergerak relatif terhadap kita, semakin lama ia harus melakukan perjalanan untuk melintasi sudut pandangan yang bisa kita lihat. Suatu objek akan tampak lebih lambat jika kecepatan sudutnya kecil, terlepas dari kecepatan sebenarnya.

Mata manusia memiliki sudut pandang sekitar 160 derajat. Mobil-mobil di jalan raya dapat melintasi sudut itu dalam waktu satu atau dua detik saja. Sementara bagi pesawat terbang yang berada lebih jauh, maka akan membutuhkan waktu beberapa menit.

Nah, bagaimana dengan bintang-bintang? Waktu yang dibutuhkan untuk bintang-bintang "bergerak" di langit didasarkan pada seberapa cepat Bumi berputar. Hal itu karena pergerakan bintang di langit sebenarnya adalah gerak semu, Bumi lah yang berotasi.

Bagi saja 360 derajat bola langit dengan waktu rotasi Bumi 24 jam, maka diketahuilah bahwa bintang-bintang akan membutuhkan lebih dari 10 jam untuk melewati sudut pandang kita yang 160 derajat itu.

Jika kamu tidak sabaran, jelas saja kamu berpikir bintang-bintang itu diam.

Semoga jawaban kami menambah wawasanmu!

No comments:

Post a Comment